Nasional

Atasi Krisis Air Bersih, Polres Jepara Buat Sumur Bor

1
×

Atasi Krisis Air Bersih, Polres Jepara Buat Sumur Bor

Sebarkan artikel ini

POLRES JEPARA – Kepolisian Resor (Polres) Jepara membuat sumur bor di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara.

Sumur bor dibuat sebagai upaya mengatasi terjadinya krisis air bersih, karena di desa tersebut rawan kesulitan air bersih terutama saat musim kemarau tiba.

Pembangunan sumur bor oleh Polres Jepara ini merupakan implementasi dari perintah Bapak Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam rangka baksos air bersih melalui program ‘Quick Wins Presisi’.

Saat ditemui, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, bahwa pembangunan sumur bor ini untuk memberikan akses air bersih pada warga. Terlebih, saat musim kemarau tiba.

Selain itu, sumur bor yang digali ini diharapkan memiliki kapasitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar.

“Kami berharap sumur bor ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga sekitar. Total sekitar 400 kepala keluarga (KK) yang tinggal di wilayah desa Sumber Rejo ini. Sehingga kedepannya, tersedia akses air bersih yang lebih mudah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata AKBP Wahyu saat melaksanakan pengecekan pembangunan sumur bor di Desa Sumber Rejo, Kecamatan Donorojo, Kamis (31/8/2023).

“Diharapkan dengan adanya akses air bersih maka kehidupan warga dapat meningkat dan kesehatan keluarga menjadi lebih terjamin,” lanjutnya.

Selain itu, Kapolres menambahkan, pembuatan sumur bor ini merupakan bentuk Polisi peduli lingkungan dan tanggap akan situasi dari segala bentuk permasalahan di tengah masyarakat, apalagi yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

“Apa yang menjadi kesulitan masyarakat, apa keluh kesah masyarakat minimal kita bisa membantu mencarikan solusi atau jalan keluar atau problem solving,” tandas Abituren Akpol 2003.

Program pembuatan sumur bor ini juga mendapatkan apresiasi dari warga sekitar.

Warga merasa terbantu dan senang melihat kepedulian yang ditunjukkan oleh pihak Kepolisian.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak Kapolri dan seluruh anggota kepolisian khususnya Polres Jepara yang telah berusaha membantu kami dengan membuat sumur bor ini. Ini benar-benar sangat berguna bagi kami pak,” jelas Irkham (43) yang merupakan salah satu warga Desa Sumber Rejo.

(hms)