oleh

Asisten l Pemerintahan Soppeng Hadiri Acara Pesta Adat Rakyat Uluwai di Desa Jampu

SOPPENG – Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak SE. di wakili asisten Satu Pemerintahan dan Kesra, Andi Ibrahim Harta Sanjaya SH.M si. Menghadiri sekaligus membuka acara Pesta Rakyat Uluwai ( mata air) yang bertajuk ” Wujud nyata terhadap pelestarian budaya dan tradisi Daerah” yang di gelar di Desa jampu kecamatan Lilirilau kabupaten Soppeng.kamis, (27/02/2020.)

Ketua panitia A. Usman dalam laporannya menyampaikan asal muasal sejarah Singkat Desa Jampu, yang mana acara pesta adat rakyat ini secara turung temurung di laksanakan oleh warga masyarakat Setempat.

” Tradisi seperti ini sebenarnya dilakukan satu kali dalam Tiga tahun, namun kemungkinanan ada kendala jadi baru tahun ini terlaksana.” Ujarnya.

Masih ditempat yang sama Kepala Desa Jampu Nur Hafsah. S. Sos. MM. Memaparkan bahwa melalui kesepatan ini atas nama pemerintah Desa jampu menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada seluruh Unsur masyarakat yang telah berpartisipasi membantu sehingga acara hari ini dapat terlaksana dengan baik.

Dia juga mengharapkan kepada Generasi Desa Jampu untuk terus melestarikan budaya Pesta Rakyat Uluwai, yang mana Sebagai Wujudnyata kecintaan dari pada tradisi leluhur kita.

” marilah kita sejalan,seiring untuk melestarikan budaya leluhur kita.” Pungkasnya.

Sementara itu Sambutan bupati Soppeng melalui Asisten l Pemerintahan dan kesra mengucapkan terima kasi kepada Pemerintah Desa Jampu, para panitia,Dinas terkait yang telah bekerja sama dengan baik sehingga pada hari ini dapat disaksikan kegiatan tradisi Pesta Rakyat ini .

Lebih lanjut disampaikan bahwa, kegiatan seperti ini agar terus dilanjutkan, bahkan jika masi ada tradisi selain dari pada ini untuk dimunculkan, karna kegiatan seprti inilah yang menyatukan antara pemerintah Daerah dengan masyrakat,sehingga silatuhrami antara kita tetap terjaga.

” Taparakai adetta (Peliharalah adatnya) ” tutupnya.

Acara di lanjutkan dengan jalan sejenak mengelilingi mata air (Uluwai) oleh Asisten I Pemerintahan atau yang mewakil Bupati Soppeng, Camat Lilirija, Danramil Liliriaja, Kapolsek Liliriaja beserta jajaran dan para tamu undangan lainnya.*(S)

Komentar

News Feed