Nasional

Antisipasi Guantibmas, Sat Samapta Polres Sinjai Gelar Patroli Sambang Dialogis Ke Pasar

2
×

Antisipasi Guantibmas, Sat Samapta Polres Sinjai Gelar Patroli Sambang Dialogis Ke Pasar

Sebarkan artikel ini

SINJAI – Dalam upaya meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat, Sat Samapta Polres Sinjai melaksanakan patroli rutin diPasar Sentral, Kelurahan Balangnipa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai pada Selasa (18/6/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas utama Satuan Samapta dalam mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Guantibmas).

Patroli yang dilakukan personel Satuan Samapta Polres Sinjai ini menargetkan area-area yang dianggap rawan terjadinya gangguan kamtibmas. Dengan kehadiran Polisi di tengah-tengah masyarakat, diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Selain melakukan patroli, personel juga menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) secara langsung kepada pedagang dan pengunjung pasar.

Kapolres Sinjai Akbp Fery Nur Abdullah, S.Ik melalui Kasat Samapta Polres Sinjai Akp Iriawan Pribadi menjelaskan bahwa kegiatan patroli dialogis ini sangat penting untuk meningkatkan rasa aman di tengah masyarakat. “Dengan meningkatkan patroli dialogis, pelaksanaan tugas sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, yakni terciptanya situasi aman dan kondusif,” ujarnya

Patroli ini juga dimanfaatkan oleh personel untuk membangun koordinasi dengan masyarakat. Mereka mengimbau kepada masyarakat agar segera melaporkan jika terdapat ancaman gangguan kamtibmas. Masyarakat dapat menghubungi nomor pelayanan Kepolisian 110 atau melapor ke kantor polisi terdekat.

“Dalam patroli tersebut, kami berusaha mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keadaan keamanan dan ketertiban dilingkungan mereka. Jika ada ancaman atau gangguan, masyarakat diharapkan segera melapor,” tambahnya.

Pada patroli kali ini, personel Satuan Samapta tidak hanya berkeliling pasar, tetapi juga berdialog dengan para pedagang dan pengunjung. Mereka memberikan himbauan untuk selalu waspada terhadap tindakan kriminal seperti pencurian dan penipuan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memperhatikan barang bawaan mereka dan tidak segan-segan melapor jika menemukan hal-hal yang mencurigakan.

Selain memberikan rasa aman, kegiatan patroli ini juga menjadi sarana untuk mempererat hubungan antara Polisi dan Masyarakat. Melalui dialog yang dilakukan, diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik dan saling percaya antara polisi dan masyarakat. Ini penting untuk menciptakan kerjasama dalam menjaga keamanan lingkungan.

Dengan adanya patroli dialogis ini, diharapkan situasi keamanan di Pasar Sentral dan sekitarnya dapat selalu terjaga. Masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya Polres Sinjai dengan aktif menjaga keamanan lingkungan dan selalu berkoordinasi dengan pihak kepolisian jika menemukan hal-hal yang berpotensi mengganggu kamtibmas.