Antisipasi Ancaman Terhadap Mako dan Petugas, Jajaran Polres Purwakarta Gunakan Sispam

PURWAKARTA – Dalam mengantisipasi kemungkinan adanya ancaman keamanan baik di luar maupun didalam Markas Komando (Mako), jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Bungursari, Polres Purwakarta terus tingkatkan kesiap siagaan setiap saat.

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kapolsek Bungursari KOMPOL H. Budi Harto mengatakan, kegiatan sispam mako dilakukan untuk mengatisipasi terjadinya tamu tidak di undang atau orang tidak dikenal yang dapat mengancam Mako maupun Personil.

Ia menyebut, para personel Polsek Bungursari selalu siap siaga setiap saat guna meminimalisir dan menjaga kamtibmas di wilayah Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta.

“Personil harus selalu siap siaga disetiap waktu, baik siang maupun malam, untuk mengatisipasi gangguan keamanan. Kita tidak tau kapan dan dimana bisa terjadi. Akan tetapi, dengan kita selalu menerapkan SOP penjagaan mako, Insya ALLAH bisa meminimalisir kejadian yang tidak kita inginkan,” ujar Budi, Rabu (25/01/2023).

Ia menambahkan, para personil piket Polsek Bungursari selalu siap siaga dan selalu menerapkan Body Sistem, yaitu saling menjaga sesama anggota piket dan peka terhadap keadaan di sekitar Mako Polsek sekitarnya.

“Rompi anti peluru dan senjata api laras panjang siap digunakan sewaktu-waktu diperlukan jika terjadi gangguan kamtibmas. Selain itu, anggota juga harus peka terhadap para tamu yang masuk dan keluar mako Polsek Bungursari, ini dilakukan untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan,” Ucap Budi.

Kapolsek menambahkan, selain melakukan kegiatan Sistem Pengamanan Mako (Sispam Mako) Personil Polsek Bungursari juga melakukan Patroli Kamtibmas di seputaran wilayah Hukum Polsek Bungursari guna mencegah terjadinya Ganguan Kamtibmas.

“Kegiatan tersebut kami lakukan sebagai bentuk pelayanan kami terhadap masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Bungursari. Dengan ini, kami akan selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan oleh masyarakat yang memerlukan bantuan anggota Kepolisian,” ungkap Budi.

Kapolsek berharap, dengan sistem pengamanan kantor yang baik, diharapkan menjadi semangat dan motivasi bagi personel piket jaga Mako dalam mengawali pelaksanaan tugas memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat di wilayah Hukum Polsek Bungursari.

“Anggota juga wajib membeikan hinbauan prokes covid-19 dilingkungan mako Polsek Bungursari. Jadi Setiap tamu yg datang berkunjung ke Mako Polsek Bungursari, diwajibkan untuk menggunakan masker dan sebelum masuk kantor harus mencuci tangan lebih dulu, ditempat yang telah disediakan,” tutur Budi.

@Red

Komentar