Antisipasi Aksi Geng Motor dan Kriminalitas, Sat Samapta Polres Purwakarta Lakukan Patroli Malam

PURWAKARTA – Mengantisipasi geng motor dan aksi kriminalitas khususnya kejahatan jalanan, Tim Bima Satuan Samapta Polres Purwakarta gencar lakukan patroli malam.

Kehadiran petugas kepolisian di lapangan untuk mencegah aksi balap liar, geng motor dan dan konvoi kendaraan roda dua serta knalpot brong yang dapat meresahkan masyarakat.

Kapolres Purwakarta, AKBP Edwar Zulkarnain melalui Kasat Samapta, AKP Asep Kusmana mengatakan, patroli Tim Bima Satuan Samapta Polres Purwakarta ini bertujuan menghadirkan polisi di tengah masyarakat, memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dengan kehadiran polisi di jalan, serta mencerminkan kesiapsiagaan Polri di tengah masyarakat.

“Setiap malam Tim Bima Satuan Samapta Polres Purwakarta ini melakukan patroli ke sejumlah tempat dalam rangka harkamtibmas, serta penertiban balap liar dan knalpot brong. Aksi itu meresahkan masyarakat dan membahayakan pengguna jalan lain,” ucap Asep, pada Rabu, 18 Januari 2023.

Ia menegaskan, patroli ini digelar selain untuk antisipasi gangguan kamtibmas juga pelanggaran protokol kesehatan.

“Patroli kamtibmas ini sekaligus imbauan protokol kesehatan terus gencar kita lakukan. Tujuan utamanya untuk menjaga kondusifitas wilayah hukum Polres Purwakarta dan menekan penyebaran Covid-19,” ucap Asep.

Dengan menggunakan kendaraan dinas, sambung dia, Tim Bima Satuan Samapta Polres Purwakarta berkeliling menyampaikan imbauan. Di beberapa titik petugas menyampaikan imbauan kepada warga yang nongkrong hingga larut malam.

“Jika tidak ada kepentingan kami arahkan untuk pulang. Apalagi saat jam sudah larut malam takutnya nanti jika pada ngumpul akan melakukan aksi balap liar ataupun yang menjerumus ke tawuran,” tegasnya.

Diharapkannya, dengan keberadaan petugas Polri yang melaksanakan patroli mampu memberikan dampak pada situasi Kamtibmas. Di antaranya dapat mengurungkan niat para pelaku kejahatan, mencegah terjadinya gangguan, meniadakan aksi geng motor, balap liar, sehingga masyarakat dapat beraktifitas dan beristirahat dengan tenang.

“Sebagai mana perintah Pak Kapolres Purwakarta, patroli Tim Bima Satuan Samapta Polres Purwakarta ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat Purwakarta. Jajaran Polres Purwakarta tidak akan mentoleransi bagi pengendara yang menggunakan knalpot brong maupun yang melakukan balapan liar. Kami akan tindak tegas sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tungkas AKP Asep Kusmana@red

Komentar