Nasional

Aminuddin Sudah Selesai Dengan Dirinya Sendiri Kini Saat nya Berbuat Untuk Tanah Kelahiran nya

×

Aminuddin Sudah Selesai Dengan Dirinya Sendiri Kini Saat nya Berbuat Untuk Tanah Kelahiran nya

Share this article

Batang Anai – Namanya Aminuddin bergelar dt.Rang Kayo Basa, tokoh masyarakat yang lahir di wilayah ketaping yang banyak di kenal oleh masyarakat mulai dari Batang Anai, Ulakan Tapakis, 2 x 11 Enam Lingkung sampai ke Padang Pariaman utara berkat hobinya bermain bola, rasa cintanya terhadap sepakbola tak diragukan lagi, Ia mau mengorbankan apa saja demi membesarkan klub yang dibinanya, bahkan Ia harus rela menjual tanah nya setiap tahun untuk menghadapi kompetisi pertandingan waktu itu, begitulah sosok Aminunddin Owner Batang Anai FC, jelas seorang tokoh masyarakat juga, yang di temui wartawan ini saat bincang bincang santai siapa yang layak mendampingi Suhatri Bur di Pilkada tahun 2024 ini dan nama Aminuddin pun masuk perhitungan nya sebagai orang yang tepat mendampingi Aciak sapaan akrab Suhatri Bur.

Saat itu Ia rela menghabiskan uangnya untuk membina Batang Anai FC dan saat ini pun kondisi ekonominya untuk diri dan keluarganya sendiri sudah cukup tapi Ia ingin membuat pengabdian kepada tanah kelahiran nya yakni di padang pariaman makanya kami mau mengusung Ia sebagai cawabup yang pas berpasangan dengan Suhatri Bur.

“Setiap menghadapi kompetisi Liga 3, saya harus menjual tanah untuk menjalani kompetisi yang panjang. Bahkan, menjadikan rumahnya untuk mess pemain dan warung nasinya di pantai untuk makan pemain. Ini saya lakukan, karena kecintaan terhadap bola dan saat ini sudah banyak anak didik nya yang jadi Polisi, Pengusaha dan ada juga ASN terang tokoh masyarakat itu mengenang menceritakan sosok Aminudin ST. Yang saat ini juga menduduki jabatan sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Anai Padangpariaman.

Sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Anai Padang Pariaman, Aminuddin, ST seorang yang memiliki tangan dingin, tidak di pungkiri sejak kepemimpinannya Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Padangpariaman, berhasil bertransformasi menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Anai Padangpariaman.

Apa strateginya?

Ibaratkan sepakbola, tim kerjasama menjadi kunci utama mencapai kemenangan.

Pada tahun 2012, berkat tangan dingin Amin, sapaan akrab Aminuddin, Ia berhasil menjadikan klub sepakbola Padangpariaman sebagai peraih medali emas Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar dan saat ini, Aminuddin mendirikan klub Batang Anai FC. Ia juga menjadi pelatih di sana.

Sejak ia dilantik sebagai direktur tahun 2017, Ia melakukan perubahan besar, walau pada tahun 2021, transisi kepemimpinan Bupati Padang Pariaman dari Ali Mukhni ke Suhatri Bur, nama Amin tetap masih diperhitungkan, Ia pun kembali di percaya memimpin PDAM Padangpariaman oleh Suhatri Bur hingga saat ini.

“Ia bekerja di PDAM ini mulai dari petugas pam di lapangan, misalnya memperbaiki pipa dan menangani masalah-masalah air lainnya,” ujar Tomas itu kepada media ini yang hapal betol sepak terjang Aminuddin dt. Rang Kayo Basa karna kedekatan nya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pengawas Perumda Air Minum Tirta Anai Padangpariaman, Mulyadi, menjelaskan bahwa kepemimpinan Aminuddin di PDAM yang kini menjadi Perumda Air Minum Tirta Anai, memang patut diacungi jempol.

“Setidaknya saya melihat perubahan terbesar itu di sisi manajemen pegawai dan pelayanan yang mengalami peningkatan menjadi lebih baik,” hemat Mulyadi yang juga Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setkab Padangpariaman.

Kesuksesan awal Aminuddin dalam memimpin Perumda Air Minum Tirta Anai yang paling diapresiasinya yaitu dengan menjamin kesejahteraan karyawannya. “Suatu usaha itu, kalau karyawannya sudah terjamin, pasti usahanya sudah mengalami pertubuhan yang baik,” cermat.

Selain itu, menurutnya saat karyawan sudah terjamin kesejahteraannya, kinerja mereka pun akan lebih baik. Alhasil, Perumda Air Minum Tirta Anai menjadi kian maju seperti sekarang ini.

“Kita berharap Aciak dapat berpasangan dengan dia sebagai putra daerah asli padang pariaman selatan yang cocok di sandingkan dengan Aciak, “bahwa selayaknya pemimpin yang sekarang ini dan juga maju kembali sebagai incumbent sebaiknya menggandeng seorang Aminuddin yang kinerja dan loyalitas nya tidak di ragukan lagi, di banding ia menggandeng seorang politikus atau pengusaha, karnanya menurut nya bahwa kesempatan incumbent saat ini kedepan nya masih panjang dan masih ada peluang untuk berkarya yang lebih besar lagi seperti menjadi Gubernur atau Wagub atau di DPR RI maka di periode keduanya ini jika terpilih Ia harus lebih fokus ke daerah daerah lain juga, bukan hanya di padang pariaman saja, maka untuk urusan di kabupaten biar di serahkan kepada wakilnya, dan tentunya seorang Aminuddin lah yang pas untuk membantu tugas pemimpin tersebut karna tentunya sudah paham semua aturan dan fungsi serta tugas nya, berbekal pengalaman kerja sebelum nya sebagai direktur PDAM tersebut” jelasnya.

 

“Yang jelas jika Aminuddin di minta mendampingi Aciak di pilkada ini, Ia pun bukan hanya jadi penumpang saja, tapi Ia memiliki visi dan misi yang jelas yang akan Ia bawa dan serta berbekal pengalaman kerja yang selama ini Ia emban juga sebagai seorang pemimpin di PDAM dan mengabdi di kabupaten ini” tutup tokoh masyarakat itu menjelaskan.

 

Ajie