Nasional

Amankan Prosesi Semana Santa 2024, Polda NTT Kerahkan Ribuan Personel

×

Amankan Prosesi Semana Santa 2024, Polda NTT Kerahkan Ribuan Personel

Share this article

KUPANG – Menjelang perayaan Paskah pada akhir Maret mendatang, Polda NTT akan mengerahkan sebanyak 1.134 personelnya dalam Operasi Semana Santa Turangga 2024 yang akan berlangsung di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Penegasan ini disampaikan Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta pada latihan pra operasi Semana Santa Turangga 2024 di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT, Selasa, 19/3/2024.

banner 325x300

“Pelaksanaan operasi Semana Santa Turangga akan digelar selama 15 hari, mulai dari 20 Maret hingga 3 April 2024 yang tersebar di seluruh wilayah NTT, khususnya di Kota Larantuka saat proses Semana Santa”.katanya.

Irwasda menjelaskan, pelaksanaan Operasi Semana Santa 2024 merupakan ikon dari kabupaten Flotim yang memiliki daya tarik sendiri bagi pesiarah dan wisatawan, serta sebagai wujut toreransi antar umat beragama di daerah tersebut.

Operasi ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang tinggi, mengingat perayaan Paskah kali ini bertepatan dengan ibadah puasa serta berlangsungnya kegiatan perhitungan suara Pemilu 2024 yang bertujuan untuk menciptakan kondisi Komseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

“Selain bertujuan mencegah terjadinya laka laut dan udara akibat cuaca buruk, penistaan agama, serta pesta minuman keras, juga bertujuan mencegah terjadinya kebakaran, penyebaran kebencian, isu SARA dan provokasi melalui media sosial, serta mencegah terjadinya penimbunan sembako/BBM”. terang Kombes I Made Sunarta.

Irwasda menegaskan, keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan Paskah, menentukan bahwa stabilitas keamanan terjamin sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

“Oleh karena itu perkuatan personel Polri di tempat – tempat perayaan Paskah, harus mampu memberikan rasa aman di hati masyarakat”.harapnya. (Das).