oleh

Aksi Bhabinkamtibmas Manfaatkan Aliran Sungai Sebagai Budidaya Ternak Ikan

JAKARTA,mediapolri.id – Dengan memanfaatkan aliran sungai Kampar Teratak Hulu, Bhabinkamtibmas Desa Taratak Hulu Kabupaten Kampar Brig David Gusmanto mengajarkan warganya dengan membuka usaha pembenihan dan pembesaran ikan patin.

Hal tersebut dilakukannya dengan cara budidaya ikan dikeramba yang dapat menghasilkan puluhan juta rupiah.

“Budidaya ikan patin dalam keramba merupakan salah satu tehnologi budaya yang handal dalam rangka memanfaatkan perairan sungai,” tutur Brig David Gusmanto, Sabtu (02/05/2020).

Dalam keramba dialiran sungai Kampar, Brig David mengatakan, untuk menghasilkan budidaya ikan patin seberat 2 Kg membutuhkan waktu sekitar 6 (Enam) bulan praktis dan mudah serta memiliki prospek yang sangat baik.

Dirinya mengatakan, bahwa keuntungan yang didapatkan bisa mencapai 30% dari modal. Sedangkan, kualitas ikan beda jauh sekali dibandingkan dengan kolam yang disawah maupun diempang.

“Rasanya ikan gurih karena tidak mengandung lumpur. Kwalitas ikan kita jamin dengan cara kita kembangkan dengan murni air sungai yang mengalir,” jelas Bhabinkamtibmas Desa Taratak Hulu Kampar.

Untuk pakan ikan, David menyebut, mengambil dari pabrik namun untuk selanjutnya akan kita usahakan dengan cara mencari pakan alternatif untuk menghemat pengeluaran modal.

“Yang penting, sekarang kita memenuhi permintaan agen agen yang sudah biasa membeli hasil ikan patin,” beber Brigadir David Gusmanto. @Lana

Komentar

News Feed