AKBP Christian Tobing: Tingkatkan Kemampuan Dalam Membangun Moral Kepribadian

WONOGIRI, mediapolri.id – Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing S.I.K., M.H., M.Si. menjadi Irup dalam Upacara bendera di SMA Negeri 1 Wonogiri, Senin (03/02/2020).

Dalam arahannya, Kapolres AKBP Christian Tobing S.I.K., M.H., M.Si. membeberkan kasus pelanggaran terhadap Undang Undang Perlindungan Anak yang terjadi di wilayah Hukumnya.

“Selama tahun 2019, terjadi sebanyak 12 kasus, hal ini disebabkan karena minimnya pengawasan dan pemahaman orang tua terhadap anak,” bebernya.

Selain itu, AKBP Christian menerangkan, bahwa dalam pengungkapan kasus kecelakaan lalu lintas selama tahun 2019 terjadi sebanyak 812 kasus, korban meninggal dunia 78 orang yang mayoritas usia dibawah 35 tahun.

“Usia produktif meninggal dunia dijalan. Untuk itu, saya menghimbau bagi mereka yang belum punya SIM, karena belum cukup umur untuk tidak mengemudikan kendaraan baik sepeda motor maupun mobil karena usia remaja belum bisa mengontrol emosi saat mengemudikan kendaraan,” jelasnya.

Kapolres Wonogiri menekankan kepada peserta upacara, untuk selalu berhati hati dalam menggunakan media sosial di internet.

“Gunakan internet untuk hal-hal yang positif, waspadai konten-konten yang propokatif yang memuat paham radikalisme dan terorisme, jangan sampai terprovokasi apalagi terlibat didalamnya,” tutur AKBP Christian Tobing.

Lebih lanjut AKBP Christian menambahkan, jangan mudah menggunggah informasi hoax yang dapat merugikan orang lain serta diri sendiri.

“Jangan sampai kejadian di Mediun Jatim terjadi di Wonogiri, contoh jika menemukan sesuatu jajanan yang aneh, lapor saja ke Polisi jangan main unggah di Medsos, kasihan para pedagang yang jujur jadi korban hoax yang di unggah,” ujarnya.

Kepada bapak dan ibu guru, AKBP Christian berpesan untuk selalu meningkatkan kemampuan dalam membangun moral kepribadian para siswa terutama dalam meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada TUHAN Yang Maha Esa.

“Saya selaku Kapolres Wonogiri berpesan, Jauhi lingkungan serta ajakan yang merusak masa depan, hindari pergaulan bebas, ubah pola pikir dan bertindak kearah yang positif dan lebih baik. Semua itu demi masa depan kalian dan masa depan bangsa dan negara,” pesannya.

Dipenghujung sambutannya, Kapolres Wonogiri mengatakan, bahwa masa depan bangsa dan negara, tergantung bagaimana peran dan kiprah pemuda pemudi sekarang dan suksesnya kegiatan belajar.

“Sukseskan kegiatan belajar kalian dan jangan sekali-kali terlibat dalam pergaulan bebas,” pungkasnya.

@Redaksi

Komentar