Nasional

Agen Federal AFP Australia Kunjungi Polres Karangasem

0
×

Agen Federal AFP Australia Kunjungi Polres Karangasem

Share this article

KARANGASEM – Perwakilan Agen Federal Australian Federal Police (AFP) untuk Wilayah Bali, Mrs. Jody Goldsmith yang didampingi penerjemah bahasa dari Australia mengunjungi Polres Karangasem. Kunjungan ini diterima oleh Wakapolres Karangasem Kompol Ruli Agus Susanto, S.H., M.H. didampingi Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Kompol I Nyoman Merta Kariana, S.H., M.H. dan Kepala Satuan Intelkam AKP I Nyoman Sukarma, S.H.

Dalam kunjungan tersebut, Mrs. Goldsmith menyampaikan keinginan untuk meningkatkan kerja sama dengan Polres Karangasem dalam penanganan kasus kejahatan yang melibatkan warga negara Australia. Ia menyampaikan bahwa AFP sering mendapat informasi kasus warga negara Australia yang terlibat dalam kejahatan di Bali, termasuk di wilayah Polres Karangasem yang memiliki Pelabuhan Padang Bai sebagai pintu keluar masuk wisatawan asing.

banner 325x300

“Kami mengucapkan terima kasih atas penyambutan kami di Polres Karangasem. Kami ingin bekerja sama yang lebih intens dalam penanganan kasus kejahatan yang melibatkan warga negara Australia,” ungkap Mrs. Goldsmith.

Ia mengusulkan agar kedua pihak dapat saling bertukar nomor telepon untuk mempermudah koordinasi dan pertukaran informasi penting terkait penanganan kasus kejahatan lintas negara seperti narkoba, pencucian uang, dan kejahatan lainnya yang melibatkan warga Australia di wilayah Bali.

Selain itu, Mrs. Goldsmith juga menyampaikan rencana untuk mengadakan program pelatihan bersama dalam bidang penanggulangan kejahatan terorganisir (organized crime) dan pelatihan intelijen. Program ini rencananya akan dilaksanakan di wilayah Bali yang dinilai sangat strategis.

Menanggapi usulan tersebut, Waka Polres Karangasem menyambut baik keinginan untuk meningkatkan kerja sama dengan pihak AFP Australia. Ia menegaskan bahwa Polres Karangasem selalu berupaya profesional dalam menangani kasus yang melibatkan warga negara asing.

“Kami selalu berusaha menangani secara profesional dalam kasus kecelakaan lalu lintas maupun laut yang menimpa warga negara asing. Kami juga senantiasa menghimbau agar wisatawan asing mematuhi aturan saat melakukan pendakian Gunung Agung,” terang Waka Polres.

Kabag SDM Polres Karangasem berharap agar pelatihan bersama dapat dilaksanakan secara berkelanjutan tidak hanya di Polda Bali, namun juga di jajaran Polres di seluruh Bali. Sementara Kasat Intelkam menyambut baik kerja sama di bidang pertukaran informasi intelijen dalam mengungkap kejahatan lintas negara.

Polres Karangasem memiliki berbagai program unggulan untuk melibatkan masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban, seperti program “Polisi Sahabat Anak” yang rutin melakukan pembinaan dan bimbingan di sekolah-sekolah. Selain itu, Kapolres Karangasem juga memiliki program rutin “Jumat Curhat, Minggu Kasih, dan Bekerja sepenuh hati” untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat.@red