oleh

846 Prajurit Strata Tamtama Ikuti Diktukba TNI-AL Angkatan XLII Di Kodiklatal

SIDOARJO – Komandan Kodiklatal (Dankodiklatal) Laksamana Madya TNI Nurhidayat memimpin langsung pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) TNI-AL Angkatan XLII, yang diikuti sebanyak 846 Prajurit Strata Tamtama dari berbagai Komando Utama (Kotama) TNI-AL, bertempat di Pusat Latihan Pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI-AL (Kodiklatal) Juanda Sidoarjo, Kamis (08/07/2021).

Dari jumlah 846 siswa yang mengikuti Diktukba tersebut terdiri atas Korps Pelaut, Korps Marinir, Korps Dukungan Umum (yang meliputi Teknik, Elektronika, Suplai, Kesehatan, Khusus dan Pomal). Setelah sebelumnya dinyatakan lulus dalam sidang Penentuan Akhir (Pantukhir), yang diselenggarakan di Puslatdiksarmil Kodiklatal beberapa hari lalu.

Kegiatan pembukaan Diktukba, ini merupakan salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI. Yudo Margono S.E., M.M. dalam membangun Sumber Daya Manusia TNI-AL yang unggul dan profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Dankodiklatal Laksamana Madya TNI. Nurhidayat dalam amanatnya menyampaikan, ucapan selamat atas keberhasilan para Siswa dalam menyelesaikan seleksi dan dinyatakan Lulus untuk mengikuti Diktukba TNI Angkatan Laut Angkatan ke-52 di Kodiklatal.

Tujuan pendidikan ini, kata Nuruidayat, adalah untuk mendidik, membentuk dan membekali para siswa agar mampu bersikap dan berperilaku sebagai prajurit pejuang Sapta Marga yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan teknis bidang dasar keprajuritan dan kebintaraan matra laut serta kesamaptaan jasmani sesuai standar Binjas TNI/TNI-AL sehingga dapat mengaplikasikan kedinasan sebagai Bintara TNI-AL.

Menurutnya, pendidikan ini akan dilaksanakan selama Empat bulan yang terbagi dalam Dua tahap. Tahap pertama pendidikan dasar golongan di Pusladiksarmil selama Dua bulan, sedangkan tahap kedua pendidikan dasar golongan lanjutan di Pusdik pusdik sesuai kejuruan selama Dua bulan juga.

Dalam kesempatan tersebut, juga disampaikan seiring munculnya berbagai media informasi yang mengedepankan percepatan informasi dan masuknya dunia pada tataran perang informasi, menuntut SDM TNI-AL yang berkualitas dan berwawasan global sehingga mampu menghadapi kompleksitas ancaman dan tantangan terhadap pertahanan negara yang begitu dinamis.

“Oleh sebab itu Kodiklatal harus menghasilkan output yang berkualitas, tidak hanya kecakapan intelektual namun kualitas moral juga diperlukan, agar prajurit TNI-AL memilki karakter yang kuat dalam melaksanakan tugas dimanapun berada.” tandas Dankodiklatal.

Dikesemoatan ini, tampak hadir dalam acara tersebut diantaranya Wadan Kodiklatal, Danpuspenerbal, Wadan Puspenerbal, Kapokgadik Kodiklatal, para Direktur dan Komandan Kodik di Jajaran Kodiklatal. Selain itu, hadir pula Danpasmar 2 dan Kadispsial.

@Red

Komentar

News Feed