oleh

Kasus Ledakan dan Kebakaran 4 Tangki Kilang Pertamina Balongan, Bareskrim Polri Segera Gelar olah TKP

JAKARTA – Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Komjen Pol Agus Andrianto memimpin penyelidikan kasus ledakan dan kebakaran empat tangki di Kilang Pertamina Refinery Unit (RU) VI Balongan, Indramayu, Rabu (7/4/2021) siang. Polri segera melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Rombongan Bareskrim Polri tiba di Kabupaten Indramayu dengan menggunakan helikopter kepolisian. Tampak hadir mendamingi, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri dan Kapolres Indramayu AKBP Hafidh.

Proses olah TKP dan penyelidikan penyebab pasti ledakan dan kebakaran empat tangki di Kilang Pertamina Balongan itu segera dilakukan setelah Pertamina menjamin api benar-benar padam dan kondisi aman.

Sejauh ini, sudah ada sejumlah pihak yang dimintai keterangan oleh Satreskrim Polres Indramayu terkait peristiwa ini dari Pertamina hingga warga sekitar lokasi.

Hasil penyelidikan soal penyebab pasti ledakan dan kebakaran empat tangki di Kilang Pertamina RU VI Balongan ini akan disampaikan setelah olah TKP selesai dilakukan.

Diberitakan sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, ledakan dan kebakaran yang menghanguskan empat tangki penyimpanan BBM itu berhasil dipadamkan pada Kamis (1/4/2021).

Setelah melalui proses pendinginan, ujar Irjen Pol Ahmad Dofiri, kepolisian akan melakukan penyelidikan untuk mengungkap penyebab pasti ledakan dan kebakaran tersebut melalui olah TKP.

Dia berharap, olah TKP bisa digelar, Rabu (7/4/2021) besok. “(Kebakaran kilang minyak) kemarin kan padam ( Kamis 1/4/2021). Setelah dipadamkan, sudah dingin, nanti mudah-mudahan besok dilakukan olah TKP,” kata Irjen Pol Ahmad Dofiri di Bandung, Selasa (6/4/2021).

Sementara itu, penyidik Polres Indramayu telah memeriksa lima terkait ledakan dan kebakaran empat tangki di Kilang Pertamina Balongan yang terjadi pada Senin (29/3/2021) sekitar pukul 01.30 WIB itu. Kelima orang itu merupakan pegawai pertamina Bidang Health Safety Security and Environmental (HSSE) PT Pertmaina RU VI Balongan, Indramayu.

“Polres Indramayu telah melakukan pemeriksaan awal. Itu (yang diperiksa) dari Pertamina. Namanya HSSE, bidang health, safety, security, and enviromental. Artinya bidang kesehatan, keselamatan, dan keamanan lingkungan. Kurang lebih ada lima orang yang diperiksa,” kata Kabid HUmas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago kepada wartawan melalui telepon seluler, Senin (5/4/2021).@red

Komentar

News Feed