oleh

Sekda Pringsewu Hadiri Rapat Pembahasan Persiapan Lomba Pekon Dan Kelurahan Tahun 2021 Tingkat Provinsi Lampung

PRINGSEWU – Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu Drs. Heri Iswahyudi, M.Ag., Menghadiri acara Rapat Pembahasan Persiapan Lomba Pekon dan Kelurahan Tahun 2021 Tingkat Provinsi LampungLampung.

Dalam sambutannya Heri Iswahyudi menyampaikan dalam Permendagri Nomor 81 Tahun 2015, bahwa lomba kelurahan bertujuan untuk mengetahui hasil perkembangan sebuah kelurahan, serta untuk mengetahui efektivitas dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat, serta mengetahui tingkat kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, termasuk informasi perkembangan kelurahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya mulai dari tingkat kelurahan, tingkat Kecamatan, Tingkat Kota, hingga tingkat Provinsi dan untuk Kelurahan.

Setiap tahun pemerintah menggelar lomba desa dalam rangka memberikan motivasi untuk mendorong pembangunan dan pengembangan desa sekaligus memberdayakan masyarakat guna mempercepat kemandirian desa.

Lebih lanjut mengatakan, pelaksanaan penilaian lomba desa tahun 2021 merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

Penilaian lomba desa ini sesuai Peraturan Menteri dalam Negeri nomor 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.
Selanjutnya bidang kewilayahan meliputi identitas desa, batas desa, inovasi, tanggap dan siaga bencana dan pengaturan investasi.

Kemudian bidang kemasyarakatan yang meliputi partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan kesejahteraan keluarga,” lanjutnya.

Menambahkan, lomba desa ini merupakan upaya menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berdasarkan keswadayaan sebagai system nilai sosial yang telah menyatu dalam kehidupan masyarakat.

“Program ini agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan, memanfaatkan dan melestarikan hasil pembangunan yang telah dicapai,” katanya.(pon)

Komentar

News Feed