oleh

4 Perompak Nelayan di Pulau Sabira Berhasil di Ringkus Ditpolairud PMJ

JAKARTA, Mediapolriid – Direktorat Polairud Polda Metro Jaya meringkus empat orang terduga pelaku tindak perompakan terhadap para nelayan yang melaut di pulau sabira kepulauan seribu,Minggu (19/07).BS,BH,AS,dan U berhasil diringkus saat tengah menghitung hasil rompakannya.

Saat gelar ungkap kasus,Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan kalau empat terduga pelaku perompakan tersebut merupakan eksekutor di lapangan.”Tim masih lakukan pengejaran untuk menangkap pimpinan kelompoknya, mudah-mudahan hari ini bisa kita tangkap” terangnya (20/07).

Saat di ringkus,kata Yusri polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti dari terduga pelaku perompakan seperti senjata tajam,dan air softgun yang digunakan untuk mengancam para nelayan,”Juga kita dapatkan kapal ikan tanpa nama,pas kecil KM Bone Raya,ikan hasil tangkapan nelayan,dan jerigen isi bbm” katanya.

Para pelaku sendiri dikatakan Yusri merupakan kawanan perompak yang sudah meresahkan para nelayan pesisir Jakarta, karena biasa beraksi di perairan Kepulauan Seribu dengan cara memepet perahu dan mengancam nelayan dengan senjata api dan tajam. Selanjutnya mereka menguras hasil tangkapan dan harta benda milik para nelayan.

“Mereka adalah perompak yang teroganisir, karena aksi mereka sudah direncanakan dan ada yang menggerakkan.Barang hasil kejahatan mereka sendiri, biasanya dijual di wilayah Bangka Belitung, dan ditaksir kerugian nelayan selama ini mencapai 10 miliar rupiah”kata Yusri.

“Mudah mudahan dengan di tangkapnya para perompak ini, akan membuat para nelayan kita menjadi tenang ketika melaut untuk mencari ikan” jelas Yusri.

Atas perbuatannya, keempat terduga pelaku perompakan tersebut dijerat pasal berlapis yaitu Pasal 365 dan 368 KUHP, lalu Pasal 1 ayat (1) dan (2) UU Darurat. Selain itu juga dijerat dengan UU nomor 45 tahun 2009 tentang perikanan dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.@Ar

IMG 20200720 WA0184

Komentar

News Feed