oleh

Kapolres Subang Imbau Warga Teliti Saat Beli Kendaraan Bekas

SUBANG – Kapolres Subang AKBP Aries Kurniawan SH, melalui Kanit Regiden Polres Subang Iptu Undang Syarif Hidayat SH mengimbau masyarakat Subang, untuk waspada dan hati-hati saat melakukan transaksi jual beli kendaraan bermotor bekas. Senin, (09/11/202)

Karena menurut Iptu Undang saat jual beli kendaraan bermotor tidak segera melakukan proses balik nama, banyak banyak contoh kasus kendaraan tersebut dipergunakan untuk tindak kejahatan, dan bakal terkena pajak progresif.

“Seharusnya penjual dan pembeli sepakat untuk dimutasikan, atau ganti nama terlebih dahulu. Agar tidak menjadi beban bagi pembeli ketika kembali memiliki kendaraan lain, sehingga masuk dalam pajak progresif,” ujar Iptu Undang kepada wartawan.

Begitupun dengan pembeli, saat hendak membeli kendaraan bermotor, baik roda dua dan roda empat, agar mengecek terlebih dahulu keabsahan kendaraan tersebut ke pihak Kepolisian. Sebab sering terjadi antara STNK dengan nomor rangka atau nomor kendaraan itu beda. Bisa saja kendaraan itu merupakan hasil pencurian, sehingga dapat merugikan pembeli itu sendiri.

“Pembeli juga disarankan terlebih dahulu membawa kendaraan yang akan dibelinya itu ke Kantor Samsat, untuk dilakukan cek nomor mesin dan nomor rangka. Siapa tahu kendaraan yang dijual itu, merupakan hasil curanmor,” terangnya.

Selain itu lanjut Undang, jangan tergiur dengan penawaran harga murah, pastikanlah bahwa kendaraan yang dibelinya itu bukan hasil curanmor. @Jajang

Komentar

News Feed