oleh

Edarkan Pil Koplo Double L, Pelaku Langsung Diciduk Polisi

 

MALANG KOTA – Peredaran pil koplo jenis double L di Kedungkandang Kota Malang kembali terungkap. Terbaru, seorang tukang bangunan asal Kedungkandang Kota Malang, NK (32), kepergok petugas kepolisian menjual pil double L. Apesnya, NK mengaku ini adalah transaksi perdananya.

NK ditangkap di tepi jalan dekat Jembatan KH Malik Dalam, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, pada Senin (19/10/2020).

Saat ditangkap, NK tertangkap basah membawa satu botol berisi 1000 butir pil double L.

Dari hasil interogasi dan penggeledahan, polisi kembali menemukan dua botol paket serupa dirumah NK. Sehingga total diamankan barang bukti sebanyak 3000 butir pil.

NK yang juga pengguna alias pemakai pil ini, mengaku baru kali ini bersedia mengedarkan pil koplo yang didapat dari seorang kenalannya. Sekali transaksi, dia dapat mengatasi ketidakseimbangan sekitar Rp 50 ribu.

”Masih baru kali ini. Belum dapat untung sama sekali. Saya belum sempat mengedarkan. Awalnya ya tertarik dapet untung Rp 50 ribu itu, ”akunya, di Mako Polresta Malang Kota, pada Selasa (3/11/2020).

Lebih lanjut, Kapolresta Malang Kota, Kombes Pol Leonardus Simarmata, menerangkan ditangkapnya NK berawal dari laporan masyarakat yang melihat ada peredaran narkoba di sekitaran jembatan. Usai diselidiki, NK langsung diamankan.

Dalam modus operandinya, pelaku menjualnya langsung satu paket per botol berisi 1000 butir dengan harga Rp 1,3 juta. Dari transaksi tersebut, pelaku mendapat keuntungan sebanyak Rp 50 ribu.

Atas perbuatannya, NK terbukti melakukan tindak pidana karena sengaja mengedarkan sediaan farmasi yang tidak memiliki ijin edar atau tidak memenuhi standar dan / atau persyaratan keamanan, khasiat atau kemanfaatan dan mutu atau tidak memiliki kewenangan dan kewenangan untuk melakukan praktek kefarmasian. Hal ini sesuai dengan Pasal 197 sub Pasal 196 sub Pasal 198 UU RI Nomor 36 Tahun 2009, tentang Kesehatan.

”Ancaman hukuman penjara maksimal 10 tahun atau lebih,” pungkas Leo.@hms

Komentar

News Feed