oleh

Kapolsek Darangdan Terus Gencarkan Sosialisasi Pencegahan Covid 19 Melalui Pembagian Masker Gratis kepada Masyarakat

PURWAKARTA – Sejumlah tempat di wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta menjadi sasaran petugas saat melakukan kegiatan pencegahan Covid-19, seperti Operasi Yustisi.

Kapolres Purwakarta AKBP Ali Wardana melalui Kapolsek Darangdan, AKP Subagiyo mengatakan pihaknya bersama Muspika Darangdan akan terus gencar menggaungkan sosialisasi pencegahan penularan Covid-19 di Wilayah Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta.

“Sosialisasi berupa gerakan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak) sebagai protokol kesehatan Covid-19. Kegiatan ini┬áhampir setiap hari kita lakukan, dan tidak hanya di pagi hari saja saat warga memulai aktivitasnya. Namun, patroli juga kita lakukan pada siang dan malam hari juga,” ungkap Subagiyo, pada Selasa (3/11/2020).

Pada awalnya, kata dia, banyak warga yang abai terkait penerapan protokol kesehatan. Namun, seiring dengan masifnya himbauan maupun sosialisasi yang dilakukan jajaran Polsek, Koramil dan unsur Pemerintah Kecamatan Darangdan, perlahan tingkat kesadaran warga pun meningkat.

“Setiap hari kami melakukan operasi yustisi baik secara mobile ataupun stasioner, dengan tetap mengedepankan sikap humanis dan persuasif. Saat sosialisasi maupun patroli, kita selalu tekankan 3M (mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak) kepada warga melaksanakan aktivitas di luar ruangan,” ucap Subagiyo.

Ditemui terpisah, Camat Darangdan, Drs.Al Idrus Nurhasan mengatakan, melalui operasi yustisi ini diharapkan dapat menjadi pengingat bagi warga. Penerapan sanksi juga masih dilakukan bagi warga yang melanggar protokol kesehatan.

“Kalau ada warga yang terjaring operasi yustisi, dan terkena sanksi, maka dia akan akan selalu ingat. Jika masyarakat disiplin melaksanakan protokol kesehatan setiap kegiatan di luar rumah, diharapkan penularan Covid-19 bisa ditekan,” ujarnya.

Idrus menambahkan pihaknya terus gencar melakukan sosialisasi dan mengingatkan warga terkait protokol kesehatan.

Secara berkala, sambung dia, Kecamatan Darangdan juga membagikan masker gratis ke masyarakat seperti permukiman warga maupun jalan.

“Seluruh perangkat desa juga sudah kami imbau agar ingatkan warga soal protokol kesehatan, kami juga imbau secara serentak melalukan pemberian masker gratis ke warga,” ucap dia.

Idrus menambahkan, penerapan protokol kesehatan 3M merupakan perubahan perilaku guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus mengajak masyarakat untuk selalu ‘Ingat Pesan Ibu’, yaitu menerapkan protokol kesehatan 3M, dengan Memakai masker, Menjaga jarak dan Mencuci tangan dengan sabun,” pesan Idrus.@Red

IMG 20201103 WA0111

Komentar

News Feed