Nasional

263 Polisi Kehutanan ikuti Upacara Penutupan Diklat Pembentukan Reguler Polhut Tahun 2024

×

263 Polisi Kehutanan ikuti Upacara Penutupan Diklat Pembentukan Reguler Polhut Tahun 2024

Share this article

SUKABUMI – Setukpa Lemdiklat Polri yang bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), menggelar upacara Penutupan Pendidikan dan Latihan Pembentukan Reguler Polisi Kehutanan (Polhut) tahun 2024, bertempat di Lapangan Garuda Nusantara Setukpa Lemdiklat Polri, Senin (01/04/2024) kemaren.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Sekjen Kementerian LHK Dr. Ir. Bambang Hendroyono M.M. dalam amanatnya menyampaikan, bahwa program Diklat ini merupakan salah upaya dan komitmen penuh Kementerian LHK untuk mendukung tugas – tugas Polhut dan untuk terus meningkatkan kompetensi Polhut.

banner 325x300

“Oleh karena itu, para mantan peserta Diklat pembentukan Polhut 2024 yang tergabung dalam Batalyon Wirawana Nusantara harus siap sedia untuk men-Dharma Bakti-kan diri dan meneruskan segala perjuangan yang telah ditorehkan oleh para pendahulu Polhut Republik Indonesia,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Inspektur upacara menyampaikan apresisasi Kementrian LKH kepada Setukpa Lemdiklat Polri karena telah menyelenggarakan Diklat sesuai dengan harapan.

Sementara itu, Kasetukpa Lemdiklat Polri Brigjen Pol. Mardiaz Kusin Dwihananto S.I.K., M.Hum., menjelaskan, bahwa sebanyak 263 peserta Diklat pembentukan reguler Polhut tahun 2024 yang terdiri dari 213 kDua Ratus Tiga Belas) Laki – laki dan 50 (Lima Puluh) Wanita, telah menyelesaikan semua rangkaian program pendidikan dan latihan di Setukpa Lemdiklat Polri selama 45 hari atau setara dengan 400 jam pelajaran.

“Sebagaimana termuat dalam rencana Operasi Diklat Polhut, ini bertujuan untuk menghasilkan anggota Polhut yang memiliki kemampuan melakukan pengamanan, pencegahan, penangkalan dan penindakan yustisil sesuai dengan peraturan perundang- undangan kehutanan secara professional, berintegritas, responsive dan inovati,” jelas Brigjen Mardiaz.

“Sekarang, mereka (para Peserta Diklat) semua sudah siap untuk melaksanakan tugas di wilayah masing – masing,” tandas Kasetukpa Lemdiklat Polri.

Upacara ditutup dengan rangkaian peragaan dari mantan peserta Diklat pembentukan reguler Polhut tahun 2024, diantaranya diawali dengan yel – yel, peragaan beladiri dan pematahan benda keras, kolone senapan, halang rintang, simulasi kebakaran hutan dan lahan, bongkar pasang senjata dan menembak, ditutup dengan tari kolosal karhutla yang diikuti oleh seluruh mantan peserta Diklat, Inspektur upacara dan seluruh tamu undangan.@MD