oleh

Polres Metro Jakarta Utara Ringkus Sindikat Pembuatan E- KTP Palsu

JAKARTA – Sebanyak 5 orang tersangka sindikat pemalsuan E KTP yang berlokasi di kawasan Tipar cakung Semper Cilincing Jakarta Utara berhasil di ringkus Unit Reskrim dan Tim Resmob Polres Metro Jakarta Utara.

5 orang tersangka tersebut memiliki peran masing masing yang saling berkaitan dalam pembuatan dan pendistribusian E KTP palsu.

“Ada yang berperan sebagai calo,pemalsu dan penyedia blanko” terang Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Sudjarwoko saat pimpin ungkap kasus di loby Mapolres lt.2 pada jumat (11/9).

IMG 20200911 WA0097Para tersangka dikatakan Sudjarwoko telah menjalankan aksinya mulai dari tahun 2018 sampai saat ini tahun 2020,dan para tersangka bisa dipantau karena adanya laporan dari masyarakat yang merasa resah akibat adanya pembuatan pemalsuan E KTP di wilayah tersebut,sehingga Tim Resmob kami melakukan penyelidikan dan berhasil meringkus ke 5 tersangka.

“Dari pengakuan tersangka,semenjak tahun 2018 sampai tahun 2020 sudah tercetak sampai ratusan E KTP,dan keuntungan yang didapatkan para tersangka mencapai ratusan juta karena mereka menjual satu E KTP itu seharga 300.000 sampai 500.000 kepada masyarakat yang membutuhkan”jelas Kapolres.

E KTP yang para tersangka buat menurut Kapolres tidak terdaftar di dinas dukcapil karena tersangka gunakan nomor yang asal asalan atau sembarang,dan juga tidak ada chipnya seperti E KTP pada umumnya.

“Untuk sasaran para tersangka adalah orang orang yang membutuhkan pekerjaan dan kebutuhan mendesak lainnya”terang Kapolres.

Akibat perbuatanya,para tersangka terancam pasal 96 junto pasal 5 huruf f dan e UU RI no 24 tahun 2013 tentang perubahan UU RI no 23 tahun 2006 tentang adminitrasi kependudukan dengan Ancaman paling lama 10 tahun penjara.

Ar

Komentar

News Feed