oleh

Wong Kito, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri Bergelar Profesor yang Ahli di Bidang SDM

JAKARTA – Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, dilantik Kapolri Idham Azis, mengemban tugas menjabat Kapolda Sumselsejak, Jumat, 1 Mei 2020. Eko bukan orang baru lagi di Polda Sumsel. Asli Wong Kito ini pernah menjabat sebagai Kapolres Lahat dan Kasat di Subdit Reskrim Umum Polda Sumsel.

Lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang SDM. Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia. Bahkan gelar profesor yang diraihnya merupakan spesialis SDM.

Tentu saja gelar profesornya tak hanya membanggakan untuk dirinya dan keluarga, tapi juga institusinya, pasalnya tak banyak jenderal yang bergelar profesor.

Pria kelahiran Palembang, Sumatra Selatan, 23 November 1964 ini mengambil gelar dokter di UNJ (Universitas Negeri Jakarta). Sementara mengenai gelar profesornya, Eko mengaku Cum yang dikumpulkan memenuhi syarat untuk dia mendapatkan gelar profesor.

Sebagai guru besar, lanjutnya, banyak tawaran untuk menjadi dosen terbang. Tetapi karena kesibukan, makanya tawaran itu ditolak secara halus.

“Sibuk, tidak juga. Tetapi kita harus selalu siap melaksakan tugas dan perintah,” ujarnya.

Kalaupun ada perguruan tinggi yang memintanya mengajar, hanya bisa dipenuhi sebatas kuliah umum. Namun, Eko mengajar di PTIK (perguruan tinggi ilmu kepolisian).

Gelar doktor dan profesor yang diraihnya memang spesialis SDM. Karena itu, Eko mengaku bila ada tawaran untuk mengajar di luar bidang disiplin ilmunya, dia tidak mau.

Karir di bidang SDM Mabes Polri, sudah digeluti Eko selepas dari Kapolres Demak pada awal tahun 2000. Sejak itu dirinya besar di Mabes dan baru keluar dari SDM setelah menjadi Kapolda Sumsel.@req

Komentar

News Feed