oleh

2.200 Anak TNI-Polri Berprestasi Raih Dana Pendidikan

JAKARTA – Putra – putri para prajurit TNI dan anggota Polri tetap meraih prestasi dalam pendidikannya di perguruan tinggi di saat orang tua mereka bekerja keras di Tanah Air dan bahkan mengharumkan nama baik Bangsa Indonesia di kancah internasional.

Terdorong oleh simpati terhadap perjuangan dan semangat gotong royong, 34 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersatu menyisihkan sebagian dari hasil usahanya untuk menyelenggarakan ‘Program Beasiswa Perguruan Tinggi Bagi Putra dan Putri TNI dan Polri’. Melalui program ini, kini 2.200 putra dan putri prajurit TNI dan anggota Polri yang terpilih akan memperoleh bantuan dana pendidikan.

Program Beasiswa ini diberikan kepada beberapa putra dan putri TNI dan Polri berprestasi di Kantor Kementerian BUMN RI, Jakarta, bersamaan dengan Peringatan Hari Pahlawan.

“Hari ini, saya juga merasa bangga. Bahwa di tengah pandemi dan hiruk-pikuk penanganannya, BUMN terus membuktikan kontribusinya terhadap negeri. Kali ini melalui penyerahan beasiswa untuk putra-putri berprestasi dari keluarga TNI dan Polri, ”ujar Menteri BUMN RI Erick Thohir, Selasa (10/11/2020).

Tidak kurang dari 34 BUMN membuktikan diri untuk selalu peduli dan menjadi bagian dari keluarga besar TNI Polri. Beasiswa ini diberikan kepada putra-putri TNI / Polri yang masih aktif.

Tak lupa TNI / Polri menjadi penolong yang serba bisa, ada yang membantu membantu kuburan para korban COVID-19, ada yang harus membantu menjadi tenaga kesehatan, namun tetap menjalankan tugas utama yaitu menjaga keamanan dan keutuhan NKRI.

“Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman di 34 BUMN, yang telah bersama-sama menginisiasi program yang sarat manfaat ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada keluarga besar TNI Polri atas dedikasi luhurnya dalam menjaga kesatuan NKRI, ”jelasnya.

Di sisi lain, Direktur Hubungan Kelembagaan BNI Sis Apik Wijayanto menyebutkan melalui program ini, beasiswa yang diberikan kepada anak anggota TNI AD, TNI AL, TNI AU aktif, dan Polri dengan jumlah peserta sebanyak 2.200 mahasiswa.

Setiap anak mendapatkan beasiswa sebesar Rp 5 juta. BNI sendiri menyalurkan bantuan pendidikan kepada 160 mahasiswa dengan nilai Rp 800 juta.

“Ini merupakan bentuk kepedulian BUMN terhadap tanggung jawab bela negara yang dibebankan kepada anggota TNI dan Polri, sekaligus menjadi upaya BUMN dalam meningkatkan sumber daya manusia yang unggul melalui Pendidikan,” ungkapnya.

Beasiswa ini diberikan kepada anak-anak TNI dan Polri yang berada di 34 provinsi di Indonesia, yang para mahasiswanya merupakan putra-putri kandung anggota TNI dan Polri yang aktif dengan pangkat orang tua maksimal Perwira Pertama atau setingkat. Penerima bantuan pendidikan adalah mahasiswa perguruan tinggi untuk tingkat DIII dan SI minimal di semester III dengan IPK ≥ 3,00.

Saat ini tercatat berbagai prestasi TNI dan Polri yang patut menjadi perhatian, yaitu prestasi yang tidak terkalahkan dalam lomba Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) 10 kali berturut-turut (TNI). Selain itu konsisten dilibatkan PBB dalam berbagai misi dunia (TNI), masuk dalam 15 kekuatan besar militer terbesar di dunia (TNI), serta Indonesia peringkat 9 dari 142 negara teraman 2017 di atas Denmark, China, Belanda, hingga Jepang menurut versi survei Gallup (Polri).

Sebagai informasi, turut hadir pada kesempatan tersebut Menteri BUMN Erick Thohir, Aster Panglima TNI – Mayjen TNI Madsuni, Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia – Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan, direksi dari BUMN-BUMN yang menjadi penyedia beasiswa, termasuk direksi BNI sebagai koordinator Program tersebut ditunjuk oleh Kementerian BUMN.@Red

Komentar

News Feed