oleh

Luar Biasa ! Beginilah Cara Polres Kolaka Utara Menyadari Kesalahan Para Tahanan dan Bertobat

KOLUT – Aksi terpuji dilakukan seorang anggota Polres Kolaka Utara, Polda Sulawesi Tenggara (Sultra). Anggota bernama Aipda Ismail Tamrin itu mengajari tahanan mengaji dari balik sel.

Ismail Tamrin  meluangkan waktunya untuk mengajari para tahanan dari berbagai kasus. Dia mengaku masih rendah ilmu agamanya. Meski begitu, dia merasa dengan ilmunya tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain.

“Intinya saya mencoba belajar bareng sama tahanan. Saya ingin hidup saya bisa bermanfaat,” kata Ismail, Minggu (5/9/2021).

Kegiatan mengajar mengaji itu dilakukan sepekan dua kali setelah melakukan apel pagi. Selain itu, dia hanya memberikan ceramah, mengajarkan ilmu tajwid, qiroat serta bacaan dalam salat.

“Dari kebiasaannya itu, tak sedikit para tahanan yang bisa mengaji, serta hafal surat-surat dalam Al Quran, terutama tahanan yang sudah lansia,” kata dia.

Selama mengajar ngaji,  dia mengaku banyak suka maupun dukanya. Apalagi latar belakang tahanan yang berbeda membuat dirinya harus bersabar.

Meski begitu, karena ia sudah berniat menjalankan ibadah dengan ikhlas, sehingga seberat apa pun yang dihadapi dilakukan dengan rasa nyaman.

“Saya juga ingin membuktikan anggota polisi juga bisa menjadi pengayom masyarakat, tak terkecuali bagi pelaku kejahatan,” ujar dia.

Dia berharap, para tahanan dalam waktu yang cukup singkat dapat berubah dengan adanya pembelajaran agama, khususnya mereka menyadari kesalahan hingga bertobat dan mendalami ilmu agama.@in

Komentar

News Feed